1. Google Now

masukkan deskripsi gambar disini
Google Now adalah aplikasi asisten pribadi yang wajib digunakan semua pengguna Android. Google Now hadir dengan sejumlah kemampuan untuk membantu pengguna smartphone, misalnya mencari informasi restoran terdekat atau navigasi jalan. Cara menggunakannya hanya dengan memanggil “OK Google”.
Sejauh ini, Google terus memperbaharui Google Now sehingga lebih banyak fungsi yang dapat dilakukannya. Jika kamu menggunakan perangkat Android yang sudah dilengkapi layanan Google Play Store, kemungkinan aplikasi Google Now sudah terpasang sehingga hanya tinggal mengaktifkannya. Namun jika belum tersedia, silakan instal Google Now Launcher yang otomatis dilengkapi layanan Google Now di dalamnya.

2. Google Allo

masukkan deskripsi gambar disini
Meskipun Google Allo merupakan aplikasi chat, Google Allo sudah terintegrasi dengan fitur Google Asisstantyang dapat melakukan berbagai tugas, seperti menginformasikan waktu, melakukan pencarian, menjawab pertanyaan, menambahkan catatan di kalender, dan banyak lagi. Adanya fitur pintar yang dikombinasikan dengan layanan messenger membuatnya wajib terpasang di smartphone Android kamu!

3. AIVC (Alice)

masukkan deskripsi gambar disini
Aplikasi asisten pribadi selanjutnya yaitu AIVC (Alice). Asisten pribadi Android yang satu ini memiliki kemampuan untuk mengerjakan perintah sederhana seperti menjalankan aplikasi, melihat cuaca, waktu, kalender, informasi saham, dan menjalankan fitur-fitur standar seperti mengirim SMS, navigasi, dan melakukan panggilan telepon. So, untuk kamu yang memerlukan aplikasi asisten pribadi yang sederhana, AIVC (Alice) adalah jawabannya!

4. Cyman Mark 2

masukkan deskripsi gambar disini
Sama halnya dengan AIVC, Cyman Mark 2 juga hanya dibekali kemampuan sederhana. Aplikasi ini bisa membantu kamu untuk mengirimkan SMS, mencari informasi, manajemen daftar tugas, alarm, konversi unit dan dukungan untuk IoT (internet of things). Asisten pribadi Android Cyman Mark 2 tersedia dalam dua versi, yakni versi gratis dan versi pro yang dibandrol seharga US$4,59.

5. Cortana

masukkan deskripsi gambar disini
Pada awalnya, Cortana dibuat oleh Microsoft untuk menyaingi Siri dan hanya tersedia untuk perangkat berbasis Windows saja. Namun seiring waktu, aplikasi ini tersedia untuk perangkat Android dan hadir menawarkan serangkaian fitur menarik dengan kemampuan yang bisa disandingkan dengan Siri. Lewat Cortana, kamu bisa memberikan perintah untuk melakukan panggilan, mengirimkan SMS dan email, membuat catatan dan trackingpaket.

6. Dragon Mobile Assistant

masukkan deskripsi gambar disini
Dikembangkan oleh Nuance Communications yang juga merupakan pembuat keyboard Swype, Dragon Mobile Assistant hadir dengan sejumlah fitur standar. Ditambah fitur Attentive Mode yang memungkinkan pengguna bisa mengaktifkan layar dalam keadaan mati atau terkunci. Dengan adanya fitur unik tersebut, maka tidak ada salahnya untuk mencoba asisten pribadi Android satu ini.

7. Indigo Virtual Assistant

masukkan deskripsi gambar disini
Aplikasi asisten pribadi yang satu ini fokus pada kepribadian pengguna. Kamu dapat berbicara dengan aplikasi ini layaknya berkomunikasi secara natural. Mengenai fungsi, Indigo Virtual Assistant dapat melakukan berbagai perintah dasar termasuk kemampuan menerjemah dengan cepat.

8. Jarvis

masukkan deskripsi gambar disini
Ada pula Jarvis yang selain berkemampuan seperti aplikasi asisten virtual lainnya, juga dapat digunakan untuk mengganti wallpaper HP, menonaktifkan WiFi, dukungan widget, dan bisa digunakan pada wearable device Android Wear.

9. Noah Voice Assistant

masukkan deskripsi gambar disini
Dikembangkan oleh Nebulas Studios, Noah Voice Assistant juga hadir dengan serangkaian kemampuan menarik, misalnya mengirimkan SMS, melakukan panggilan, menjalankan aplikasi, mengaktifkan Bluetooth, WiFi, dan lampu flash, serta melakukan pencarian karena sudah terintegrasi dengan Google.

10. Robin

masukkan deskripsi gambar disini
Asisten pribadi Android yang terakhir adalah Robin. Aplikasi asisten pribadi satu ini diklaim sebagai salah satu penantang kuat Siri, memiliki kemampuan untuk mengerjakan perintah dasar termasuk mencari informasi mengenai tempat parkir, informasi lalu lintas, harga bahan bakar, dan banyak lagi.


Nah, itu dia daftar 10 aplikasi asisten pribadi terbaik untuk Android. Bagi kamu pengguna Android dan ingin merasakan pengalaman baru dalam memakai smartphone, kamu bisa memasang salah satu aplikasi asisten virtual di atas. Jika sudah mencobanya, jangan lupa bagikan pengalamanmu lewat kolom komentar, ya!

Post a Comment

Banner Kami

Comments system